Ice Creamnya Indonesia

MURAH - Mungkin inilah alasan sebagian besar orang lebih menyukai es puter. Pada masanya, es puter menjadi kudapan favorit di semua kalangan masyarakat. Tidak heran, karena mudah dijumpai di pinggiran jalan maupun di tempat – tempat umum.

Es puter merupakan es tradisional khas keluarga Indonesia. Menurut sejarahnya, es puter tercipta karena keinginan masyarakat untuk menikmati ice cream. Namun dengan harga ice cream yang belum bisa terjangkau oleh kantong masyarakat dulu, mereka berfikir kreatif dan memutar otak untuk mendapatkan sesuatu hal yang mirip dengan ice cream.

KHAS :  Roti tawar bertaburan di atas es puter
(foto diambil oleh Viranita Dewi)


TUNGGU PEMBELI: Salah seorang pedagang Es Puter yang sering mangkal di sisi barat Alun-Alun Kota Malang
(foto diambil oleh Welga Febdi R)

Jika pada ice cream menggunakan susu sebagai bahan utamanya, maka es puter cukup menggunakan santan. Kenikmatan rasa santan ini sendiri menjadi ciri khas rasa es puter yang gurih. Rasa manis yang didapatkan dari campuran gula dan susu pada ice cream, hanya digantikan dengan tambahan gula pasir. Perpaduan rasa gurih dan manis ini, biasanya juga dilengkapi dengan lezat dan kenyalnya serutan daging kelapa muda.

Proses pembuatan es puter tergolong mudah dan sederhana. Hanya membutuhkan ketelatenan dan beberapa piranti khusus, seperti panci es, pengaduk, es batu, dan garam sebagai freezer tradisionalnya. Pertama, adonan es puter seperti santan, serutan kelapa muda, gula pasir, tepung houn kwe, dan beberapa butir telur yang sedikit dibubuhi garam diaduk merata. Kemudian dituang ke dalam panci es yang di luar bagiannya diberi bongkahan es batu dan garam secukupnya. Hal ini difungsikan sebagai freezer untuk pembekuan es puter sendiri.

Seiring perkembangannya, es puter semakin menjadi bahan kudapan alternatif keluarga Indonesia. Hampir banyak pengusaha mulai memproduksi lagi es puter, namun dengan berbagai variasi rasa yang tidak membosankan konsumen. Seperti penambahan cita rasa strawberry, coklat susu, avocado, dan masih banyak variasi lainnya.

VARIATIF :es puter rasa kelapa muda
(foto diambil dari google.com)

es puter rasa sayur-mayur
(foto diambil dari google.com) 

Sambil mengingat kenangan manis di masa kanak-kanak dulu, biasanya es puter disajikan dengankerupuk contong yang sekarang berevolusi menjadi  waffle sebagai wadahnya. Bisa juga kita nikmati menggunakan  gelas kaca yang tampak berembun di bagian luarnya.

Yang lebih menarik, kudapan ini diwarnai dengan butiran-butiran mutiara dan potongan roti tawar sebagai pemanis sajian ataupun pelengkapnya. Eehm... sudah terbayangkan kenikmatannya?

Maka jangan lupa ketika kita berjalan-jalan di sekitar area barat alun–alun kota Malang, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak disana. Sembari melepas lelah dan membuka kenangan manis tempo dulu. Bersama sajian pemandangan nan asri di tengah hiruk-pikuk kota, menjadi penghantar nuansa kulliner nusantara, es puter dengan mudah kita menjumpainya di sana.

ditulis ulang sebelumnya dari blog masa lalu :)

Komentar