Sepakbola Kelereng #OtakAtik#

PENGENNYA sih maen sepak bola, tapi kalau cuacanya hujan terus gini mah, rada males juga. Belum kalau diomelin abis hujan – hujanan.Hem.. santai guys.. masih inget permainan yang satu ini nggak?Coba deh siapin alat – alatnya, kita bikin yuk permainan sepak bola kelereng.Kalau kamu ngaku jago banget maen bola, belum tentu loh bisa selancar di papan arena ini. Mulai tertantang?(phr)

Cara membuat:
1.   Siapin paku berukuran sedang sebanyak 8 buah, paku berukuran kecil sebanyak 26 buah, martil, papan kayu, dua batang stik ice cream, dan karet gelang elastis,kelereng, pensil, danpenggaris
2.   Potong papan kayu dengan ukuran80cmx40cm. Nggak harus 80cmx40cm juga kok. Yang jelas, jika ukuran papan semakin sempit maka tingkat permainannya cukup sulit.
3.   Lalu, gunakan pensil dan penggaris untuk menggambar pola lapangan. Lengkap dengan zona penyerangan,zona pertahanan, dan juga titik – titik posisi pemain.
4. Kemudian, pasang paku besar di setiap pojok dan sisi papan.Hubungkan karet gelang elastis dari satu paku ke paku yang lain. Sehingga membentuk sebuah pagar arena lapangan.
5.  Selanjutnya,ambil martil dan pasang ke-22 paku kecilyang terbagi menjadi dua posisi pemain. Misalnya dengan posisi 4-4-3 dan 3-4-4. Dan jangan lupa, pasang 2 buah paku pada masing – masing posisi untuk menjadi gawang.
6.  Nah, yang terkahir letakkan kelereng di posisi tengah. Lalu ambil batang stik ice cream, dan permainan siap dimulai......

Cara bermain:
Nggak beda jauh dengan permainan sepak bola di lapangan. Hanya saj permainan ini bisa dilakukan oleh satu orang atau dua orang. Tapi nih, lebih serunya sih kalau dimainkan oleh dua orang. Biar berasa tantangannya coy... nah, kalau udah gitu, hompimpa ataupun tebak koin bisa jadi penentu awal permainannya. Siapa yang menang berhak menyepak kelereng dengan stik duluan. Dan siap – siap aja yah, kesabaran kamu diuji dengan gerakan kelereng yang jalannya terpental – pental zig-zag gitu guys.hehee... hem, kalau si kelereng udah berhenti, maka giliran pemain keduaberaksi. Begitu pun seterusnya. Nah, dari permainan ini sendiri, pemenangnya adalah mereka yang punya banyak poin mencetak goal. Siapa yang kalah, harus meletakkan bola kembali ke tengah. Oh iya, jangan lupa sepakati dulu ya berapa lama kalian mengakhiri permainan ini. Hehe.. bisa – bisa nggak ada ujungnya dong kalau belum ada kesepakatan waktu. Maklum, nggak ada wasitnya gitu..


SEDERHANA : Segala peralatan dasar untuk membuat papan sepakbola kelereng mudah dicari dan disiapkan.
(foto diambil oleh Viranita Dewi N.)

ZIGZAG : Berbeda dengan sepakbola pada umumnya, sepakbola kelereng menggunakan paku sebagai penghadang bola masuk ke gawang lawan.
( Foto diambil oleh Viranita Dewi N.)

SERIUS: Adi (tengah) dan kawan-kawannya menendang kelereng ke gawang lawan.
(foto diambil oleh Viranita Dewi N.)

Komentar